Apa Yang Dimaksud Dengan Konduktor dan Isolator Panas?

Hai, sahabat, apa kabar? saya doakan semoga baik deh...Balik lagi dengan saya Admin Otak Website. di kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel tentang Ilmu Pengetahuan Alam atau yang biasa disebut IPA. artikel IPA kali ini akan membahas tentang Apa yang dimaksud dengan Konduktor dan Isolator panas? Sahabat yang ada di rumah maupun dimana saja, banyak benda di sekitar kita. Beberapa benda di antaranya bersifat konduktor atau isolator panas. jika sahabat di rumah bertanya tentang seperti dibawah ini. Apa yang dimaksud dengan Konduktor dan Isolator panas? Benda apa sajakah yang memiliki sifat Konduktor dan Isolator panas?
Penjelasan tentang pertanyaan yang ada diatas sudah saya sediakan artikel ini. Jadi sahabat dirumah atau dimana saja nggka perlu khawatir lagi jika tidak tahu yang dimaksud Konduktor dan Isolator panas.

Kemampuan benda menghantarkan panas

kemampuan yang benda menghantarkan panas dipengaruhi oleh sifat bahan penyusun benda. Oleh karena itu, Pemilihan bahan untuk pembuatan suatu benda akan menentukan kualitas benda tersebut dalam menghantarkan panas. Apakah panas itu?panas merupakan salah satu bentuk energi. panas dapat berpindah dari daerah bersuhu tinggi ke daerah bersuhu rendah. Jika suatu benda menerima panas maka suhubenda tersebut akan naik.

1. Jenis benda berdasarkan sifat menghantarkan panas

Benda berdasarkan sifat menghantarkan panas. dibedakan atas benda konduktor panas dan benda isolator panas. Apa sajakah benda itu? Berikut penjelasannya.
  1. benda konduktor panas
    Benda konduktor panas merupakan benda yang mengantarkan panas dengan baik. Kata konduktor sendiri berasal dari kejadian konduksi. Konduksi adalah proses perpindahan panas dari satu bagian benda bersuhu tinggi kebagian benda yang bersuhu rendah.

    Benda konduktor panas terbuat dari bahan logam (seperti aluminium, besi, tembaga, seng) dan kaca. Contohnya seperti, wajan, panci, dan ceret.

  2. Benda Isolator panas
    Benda isolator panas merupakan benda yang tidak dapat menghantarkan panas dengan baik. Kata Isolator sendiri berasal dari kerajinan isolasi. Isolasi adalah proses penghambat dan perpindahan panas.

    Benda isolator panas biasa terbuat dari bahan non logam, seperti kayu, plastik, kain, dan karet. Contoh benda Isolator panas adalah sendok plastik, sudip kayu, dan pegangan setrika.

2. Perbandingan sifat hantaran panas berbagai benda

Telah dijelaskan pada nomor satu di atas bawah benda yang terbuat dari logam dan kaca dapat menghantarkan panas dengan baik. Sifat hantaran panas logam lebih baik dari kaca. Logam itu sendiri memiliki kemampuan menghantarkan panas yang berbeda-beda. Sifat hantaran panas perak lebih baik daripada tembaga, aluminium, seng, besi, dan baja.

Pemilihan benda berdasarkan kemampuan menghantarkan panas

ada dua alasan hilmi benda berdasarkan kemampuan menggetarkan panas. Yang pertama, untuk memperoleh panas. Benda yang dipilih harus terbuat dari bahan logam. Kedua, untuk menyekat panas. Benda yang dipilih hendaknya terbuat dari bahan non logam. Coba sahabat perhatikan benda yang ada di dalam rumah, terutama berupa alat-alat masak dan alat-alat rumah tangga. Terbuat dari bahan apa sajakah benda-benda tersebut?

1. Benda berupa alat masak

sebagian besar benda alat masak terbuat dari bahan logam. Hanya sedikit saja yang menggunakan bahan downloadkan seperti tanah liat. Tanah liat tidak dapat menghantarkan panas dengan baik. pemilihan bahan logam sebagai alat masak dimaksudkan agar panas yang berasal dari api kompor dapat merambat dengan baik sehingga masakan cepat matang. Itulah sebabnya, makanan yang dimaksud dengan panci aluminium akan lebih cepat matang dibandingkan dengan menggunakan periuk dari tanah liat. Pada beberapa alat make dilengkapi dengan bahan dan non logam. Bahan non logam biasanya terdapat pada bagian pegangan tangan. Pemilihan bahan non logam bertujuan agar tangan tidak kepanasan ketika memasak. Bahan non logam sendiri dapat berupa plastik dan kayu. Plastik lebih banyak dipilih dari pada bahan kayu. Pemilihan bahan plastik karena sifatnya yang mudah dibentuk, ringan, dan memiliki banyak macam warna. Beberapa alat memasak juga ada yang seluruh bagiannya terbuat dari bahan logam. Bagaimana mengatasi panas ketika memegang alat masak tersebut?Untuk melindungi tangan dari panas, maka orang biasa mengunakan sarung tangan atau kain. Sarung tangan dan kain dapat menyekat hantaran panas.

2. Benda berupa alat rumah tangga

Seperti alat-alat masak. beberapa alat rumah tangga juga menggunakan bahan logam dan non logam. Pemilihan bahan logam untuk mendapatkan panas sedangkan bahan non logam untuk menyekat panas. Contoh setrika dan termos.
  1. Setrika
    Di bagian bawah setrika sengaja dibuat dari bahan logam. Pemilihan bahan logam bertujuan agar panas yang berasal dari listrik atau api merambat dengan baik sehingga dapat merapikan dan menghaluskan permukaan pakaian yang disetrika.

    Di bagian atas setrika, terutama bagian pegangan setrika terbuat dari bahan non logam. Pemilihan bahan dan logam bertujuan agar panas tidak merambat ke bagian pegangan setrika sehingga tangan terlindung dari panas. Bahan non logam dapat berupa kayu dan plastik.

  2. Termos
    kamu tentu mengenal termos. Mengapa panas air di dalam termos dapat bertahan dengan waktu yang cukup lama?

    bagian further monster buat dari bahan plastik. pemilihan bahan plastik bertujuan agar panas di dalam termos tidak merambat keluar.

    bagian dalam termos terbuat dari bahan kaca ber dinding dua. di antara dinding pertama dan kedua terdapat ruang hampa (vakum). pemilihan bahan kaca dan pembuatan ruang hampa udara bertujuan agar panas di dalam termos tidak merambat keluar. Itulah sebabnya panas air di dalam termos dapat bertahan lama.


  1. Berdasarkan daya hantar panas, benda dikelompokkan menjadi benda konduktor panas dan benda isolator panas.
  2. Benda konduktor panas adalah benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik.
  3. Benda isolator panas adalah benda yang tidak dapat menghantarkan panas dengan baik.
  4. Pemilihan benda berbahan logam bertujuan untuk memperoleh panas.
  5. Pemilihan benda berbahan non logam bertujuan untuk menyekat panas.

Akhir kata

Nah, artikel tentang kali ini yang membahas tentang IPA yaitu Apa yang dimaksud dengan Konduktor dan Isolator panas? sudah selesai. Semogah artikel ini dapat menambah pemahaman serta pengetahuan sahabat di rumah tentang IPA dan dapat menjadi lebih cerdar lagi. dan terima kasih atas kunjungan anda ke artikel ini salam.

0 Response to "Apa Yang Dimaksud Dengan Konduktor dan Isolator Panas?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel